belajar berenang anak

Cara Mengajarkan Anak Berenang

Berenang adalah sebuah keahlian yang harus diajarkan kepada anak, karena manfaat berenang sangat banyak sekali. Dengan berenang maka energi berlebih pada anak akan dapat tersalurkan dengan baik, terlebih lagi jika anaknya aktif seperti anak saya. Nafsu makan anak akan bertambah, sangat bermanfaat bagi anak yang susah makan. Setelah capek belajar berenang anak akan meminta makan untuk menggantikan energi yang telah terbuang.

Membentuk jiwa yang sportif, anak akan belajar berenang dari pelatih renang yang sudah berpengalaman, anak akan belajar berenang bersama temna-teman nya.

Pembentukan tubuh yang lebih baik. Berenang merupakan satu-satunya satu olahraga yang menggerakkan seluruh anggota tubuh. Dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh secara teratur maka akan bertdampak pada pembentukan tubuh anak menjadi lebih baik, apalagi anak masih dalam masa pertumbuhan.

Membuat anak jadi lebih tinggi, ya ini merupakan bonus bagi saya, yang terpenting adalah jiwa nya yg berkembang lebih baik.

Perlengkapan belajar berenang

Baju renang: Bayak kolam renang yang mensyaratkan penggunaan baju renang, baju renang biasanya berbahan spandex, sehingga tidak meninggalkan bahan kapas di kolam renang, selain itu bahan spandek akan membuat air tidak menempel ke pakaian seperti halnya baju berbahan katun.

Kaca Mata Renang

Ini merupakan perlengkapan wajib, karena akan sangat membantu anak dapat melihat di bawah air. Tanpa kacamata maka anak akan berusaha memejamkan matanya sehingga belajar berenang akan menjadi lebih susah.

Jangan menganggap bahwa orang yang tidak memakai kacamata lebih jago berenang, anggapan itu salah, yang benar orang tersebut mungkin berenang dengan kepala selalu diatas sehingga matanya sedikit kontak dengan air atau orang tersebut kurang perduli dengan kesehatan matanya.  Tahukah anda kandungan air di kolam renang umum? Air liur, lendir, air seni, kaporit keringat, dan cairan dan bahan kimia lainnya yang tidak kita ketahui secara pasti.

Jika mata kita dibiarkan kontak langsung dengan air kolam yang sudah bercampur dengan cairan-cairan lainnya maka mata kita akan menjadi merah dan mudah iritasi. Jadi gunakan selalu kacamata saat berenang, demi kesehatan mata anda.

Tutup Kepala/ head cap

Jika anak memiliki rambut panjang, maka ini akan sangat membantu anak karena dengan tutup kepala maka mata tidak lagi tertutup rambut dan air akan cepat turun melalui head cap dibanding tanpa memakai head cap. Sehingga anak tidak menjadi mudah panik karena rambut ataupun air menutupi matanya.

Ear cap

Tutup telinga digunakan untuk kenyamanan anda berenang. Beberapa orang kadang memakai penutup telingga in i, pastikan anda memilih yang empuk sehingga dalam jangka pemakaian lama telinga tidak terasa sakit.

Beberapa model kacamata renang sudah menambahkan tutup telinga sebagai bagian dari kacamata sehingga tidak perlu beli terpisah.

Pelampung

Diperlukan untuk melatih pergerakan kaki, untuk melatih atau menyempurnakan gerakan kaki maka digunakan pelampung yang di simpan didepan dan dipegang tangan sehingga kita bisa konsentrasi pada gerakan kaki yang benar.

Pull Buoy

Digunakan untuk melatih gerakan tangan dengan menghimpitnya diatara 2 paha sehingga kita bisa konsentrasi melatih gerakan tangan.

Biasakan anak tidak takut pada air

Ajak anak menarik napas dan masukkan kepala ke dalam air, buang nafas melalui mulut, angkat kepala ke permukaan untuk menarik napas kembali, lakukan berulang-ulang sampai 10 kali.

Dengan melakukan latihan ini maka tubuh akan merasa rileks dan terbiasa berada di dalam air.

Belajar Meluncur

Belajar meluncur dengan tubuh lurus, usahakan tubuh se-rileks mungkin agar badan bisa mengambang. Mungkin akan perlu 1 -2 kali sesi latihan untuk dapat meluncur dengan benar.

Latihan Gaya katak atau gaya Dada

Saat pertama kali anak latihan gaya berenang biasanya yang diajarkan ialah gaya katak atau gaya dada yang disederhanakan. Gaya dada menggunakan 80% tenaga pendorong oleh kaki dan 20% oleh tangan.

Gaya dada ialah gaya yang paling sedikit menguras tenaga. Jika sudah menguasai gaya dada maka gaya renang lainnya akan menjadi lebih mudah.

Tips:

Saat pertama berenang mungkin anak anda akan menggigil kedinginan dalam 30-60 menit. Ini adalah wajar, jika dibuat rutin minimal satu minggu sekali maka anak akan bisa tahan hingga 2×60 menit.

Jangan banyak nongkrong diatas kolam renang, usahakan tubuh tetap dibawah air agar tidak mudah kedinginan.

Makin sering latihan maka anak akan semakin cepat bisa berenang dengan gerakan yang benar, jika memungkinkan seminggu 3 kali.

Jika anda tidak bisa berenang maka daftarkan anak untuk les berenang, biasanya anak akan lebih cepat bisa jika diajarkan oleh orang lain.

Anak bayi lebih mudah untuk belajar berenang dibanding orang yang sudah dewasa 🙂

No Responses

Add Your Comment

DMCA.com Protection Status