mainan anak yang aman

Tips Memilih Mainan Anak Yang Aman

Memilih mainan anak yang aman – Dunia anak kecil memang dunia bermain, mereka sangat senang bermain dan mencoba semua hal baru termasuk mengeksplorasi mainan. Cara mereka mengeksplorasi pun sangat beragam pada usia 0-3 tahun anak lebih suka mengunyah apapun benda yang dapat dipegang atau membentur-benturkan benda yang dipegangnya.

Cara Mencari Mainan Anak Yang Aman

Sebagai orang tua kita ingin memberikan mainan anak yang aman untuk si buah hati, beberapa hal dibawah ini patut dihindari dalam memilih mainan anak yang aman:

Mainan dengan bagian-bagian yang kecil

Hindari memberi mainan anak yang terdiri atas bagian-bagian yang kecil, seperti kita ketahui anak kecil terutama yang berusia 0-3 tahun sangat senang mengunyah apapun, jika mereka mengunyah mainan dan tersedak maka akan menjadi masalah besar. Jadi hindari mainan yang memiliki bagian-bagian kecil yang bisa dicopot atau mainan yang bentuknya cukup kecil untuk dikunyah.

Mainan dengan sisi-sisi yang tajam

Mainan yang memiliki bagian bagian yang tajam dapat melukai kulit anak yang masih halus, meskipun mainan tersebut terbuat dari plastik tetap saja dapat melukai anak yang memiliki kulit halus. Mainan tipe ini bisa saja berupa berbagai macam mainan senjata  maupun mobil-mobilan dan bentuk-b3ntuk yang lain.

Mainan yang dapat menembakkan suatu benda

Mainan seperti ini sangat berbahaya karena bisa melukai mata, atau bagian-bagian tubuh yang lain. Mainan ini biasanya berupa senjata mainan, ketapel mainan dan hal-hal lain yang dapat melontarkan benda lain.

Mainan yang mengeluarkan bau tajam

Beberapa mainan yang terbuat dari bahan yang tidak berkualitas dapat mengeluarkan bau-bau yang menyengat biasanya ini karena terdapat zat kimia berbahaya yang menjadi bagian dari bahan baku mainan terutama mainan yang terbuat dari plastik daur ulang.

Bagaimana kita tahu bahwa mainan anak tersebut berbahaya?

Beberapa mainan kita dapat melihat dan merabanya sebelum membeli, tetpai banyak juga mainan yang disegel dan baru bisa dipegang setelah kita membelinya.

Untuk mainan seperti ini kita sebaiknya melihat tanda tanda keselamatan yang ada di bagian luar kotak mainan tersebut.

jangan diberikan pada anak 0-3 tahunPeringatan umur, yang ini sudah jelas bahwa mainan anak ini bukan untuk anak dibawah 3 tahun. Biasanya mainan kecil atau memiliki bagian-bagian kecil yang mudah tertelan anak kecil.

 

 

 

 

mainan lolos uji BTHA Yang ini adalah mainan anak yang dinyatakan aman oleh British Toy and Hobby Association (BTHA) di Inggris

 

 

 

mainan lolos uji standar uni eropa Ini termasuk mainan yang dibuat memenuhi standar keamanan Uni Eropa

 

 

 

 

Mainan sudah lolos uji BSI Logo layangan pada mainan ini menandakan mainan sudah lolos uji ketat dari British Standards Institution di Inggris dan memenuhi standar standar tertentu.

 

 

 

Perinagtan mainan yang bisa menempel di mulut atau hidung Mainan ini ada bagian film tipisnya yang bisa menempel pada mulut ataupun hidung si anak.

 

 

 

 

 

peringatan bahasa tersedak mainanMainan yang berukuran kecil atau memiliki bagian-bagian kecil yang mungkin bisa di makan oleh anak dibawah 3 tahun.

 

 

 

mengikuti standar kemananan SNI Terdaftar di SNI (Standar Nasional Indonesia), mainan yang beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikat SNI.

 

 

peringatan penggantina baterai dari SNI

Peringatan bahasa untuk bahan mainan yang terbuat dari plastik dan menggunakan baterai.

Gunakan Nalar dan Insting sebagai Orang Tua

Yang terakhir sebagai orang tua anda dapat menilai sendiri apakah mainan ini berbahaya buat anak atau tidak. Jika menurut anda berbahaya jangan teruskan membeli mainan ini, masih banyak mainan lain yang bermanfaat bagi anda sekeluarga.

Add Your Comment

DMCA.com Protection Status